Minggu, 07 Agustus 2011

MANFAAT RENANG


Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik, karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :
  1. Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
  1. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
  1. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
  1. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
  1. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
  1. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut, dll).
  1. Menghilangkan stres
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.
Sebelum berenang, agar tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.
Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.
Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Sepak Bola)
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   I (Minggu ke 4 Juli)
Standart Kompetensi          :   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   1.1   Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

Indikator                              :   -     Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar
-          Menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
-          Menendang bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar
-          Mengontrol atau menghentikan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar
-          Mengontrol atau menghentikan bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
-          Mengontrol atau menghentikan bola luar dengan teknik yang benar

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Agar siswa dapat menendang bola dengan menggunakan :
-          Kaki bagian dalam
-          Punggung kaki
-          Kaki bagian luar 
2.      Agar siswa dapat mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan :
-          Kaki bagian dalam
-          Punggung kaki
-          Kaki bagian luar

B.     Materi Ajar (Materi Pokok) :
Sepak Bola
-          Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar
-          Teknik mengontrol / menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan kaki bagian luar

C.    Metode Pembelajaran :
a.       Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.      Kegiatan Awal :
-          Membariskan siswa
-          Menghitung siswa
-          10 menit latihan pemanasan, terdiri dari 2 kali keliling lapangan dan senam.

2.      Kegiatan Inti :
-          Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berpasangan
-          Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui permainan kucing-kucingan (1 : 3) = satu kucing dan tiga pemain dengan satu kali menyentuh bola).
-          Mengontrol atau menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berkelompok.
-          Mengontrol atau menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berkelompok.
(1 : 3 = satu kucing dan tiga pemain dengan satu kali menyentuh bola)

Tugas berstruktur :      a. Menendang bola
                                    b. Mengontrol bola / menghentikan bola

3.      Kegiatan Akhir
-          10 menit latihan penenangan

E.     Sumber Belajar / Alat / Bahan :
-          Buku sumber latihan sepak bola metode baru (pertahanan), Eric C, Batty, Pionir Jaya, Bandung.

F.     Penilaian :
-          Tes perbuatan di lapangan
-          Latihan : 1. Lakukanlah drible
               2. Lakukanlah menahan bola
               3. Lakukanlah menendang bola




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Bola Voli)
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   2 (Minggu ke 5 Juli)
Standart Kompetensi          :   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

Indikator                              :   -     Melakukan passing bawah dengan teknik yang benar
-          Melakukan passing atas dengan teknik yang benar
-          Melakukan servis bawah dengan teknik yang benar

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
a.       Agar siswa dapat melakukan passing bawah dengan teknik yang benar
b.      Agar siswa dapat melakukan passing atas dengan teknik yang benar

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Bola Voli
-          Passing bawah
-          Passing atas
-          Servis bawah

C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Membariskan siswa
-          Menghitung siswa
-          10 menit latihan pemanasan terdiri dari :
·         Lari keliling lapangan secukupnya dan senam gerakan lengan

2.      Kegiatan Inti :
-          Melakukan latihan teknik passing bawah tanpa bola secara klasikal
-          Melakukan teknik passing bawah secara berpasangan
-          Melakukan teknik passing bawah secara berkelompok
-          Melakukan teknik passing atas ke tembok secara individu
-          Melakukan teknik passing atas dari sikap jongkok secara berpasangan
-          Melakukan teknik passing atas secara berkelompok
-          Melakukan gerakan servis bawah tanpa bola secara klasikal
-          Melakukan gerakan servis bawah menggunakan bola secara berpasangan
-          Melakukan servis bawah melewati net

Tugas berstruktur :      a. Latihan passing bawah
                                    b. Latihan passing atas
                                    c. Latihan servis
3.      Kegiatan Akhir
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
1.      Amung Ma’mun dan Toti Subroto (2001), Pendekatan keterampilan taktis dalam pembelajaran Bola Voli, Jakarta.
2.      Dirjen, Dikdasmen Dirjen Olahraga
3.      Lapangan bola voli, bola, pluit, stop watch dan net.

F.  Penilaian :
-          Tugas individu
-          Tes perbuatan
-          Latihan : 1. Lakukanlah passing bawah 3 kali
               2. Lakukanlah passing atas 3 kali
               3. Lakukanlah servis 3 kali




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Bola Basket )
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   3  (Minggu ke 1 Agustus)
Standart Kompetensi          :   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

Indikator                              :   -     Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada dengan benar
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantul dengan benar
-          Melakukan teknik operan dan menangkap dari atas dengan benar
-          Melakukan teknik operan dan menangkap dari samping dengan benar
-          Melakukan teknik menggiring bola menggunakan tangan kanan dan kiri
-          Bermain bola basket dengan peraturan dimodifikasi

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
1.      Agar siswa dapat melakukan teknik operan dada dengan baik
2.      Agar siswa dapat melakukan teknik operan pantul dengan baik
3.      Agar siswa dapat melakukan teknik operan atas dengan baik
4.      Agar siswa dapat melakukan teknik operan samping dengan baik

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Bola Basket
-          Operan dada
-          Operan pantul
-          Operan atas
-          Operan samping

C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Membariskan siswa
-          Menghitung siswa
-          10 menit latihan pemanasan terdiri dari :
·         Lari keliling lapangan secukupnya dan senam gerakan lengan




2.   Kegiatan Inti :
-          Melakukan teknik operan dada berpasangan secara diam dan sambil bergerak.
-          Melakukan teknik operan dada secara berkelompok dengan pola segitiga dan segiempat secara diam dan sambil bergerak
-          Melakukan teknik operan pantul berpasangan secara diam dan sambil bergerak
-          Melakukan teknik operan pantul secara berkelompok dengan pola segitiga dan segiempat secara diam dan sambil bergerak
-          Melakukan teknik operan atas berpasangan secara diam dan sambil bergerak
-          Melakukan teknik operan atas berkelompok dengan pola segitiga dan segiempat secara diam dan sambil bergerak.
-          Melakukan teknik operan samping berpasangan secara diam dan sambil bergerak
-          Melakukan teknik operan samping berkelompok dengan pola segitiga dan segiempat secara diam dan sambil bergerak
-          Melakukan teknik memantulkan bola engan tangan kiri dan kanan ditempat secara individu
-          Melakukan teknik menggiring bola bergerak maju dan mundur menggunakan tangan kanan dan kiri
-          Melakukan teknik menggiring bola bergerak ke kiri dan kanan menggunakan tangan kanan dan kiri
-          Melakukan permainan bola basket hanya menggunakan passing secara berkelompok.

Tugas berstruktur :      a. Latihan teknik operan bola
                                    b. Latihan teknik menggiring bola/drible
                                    c. Latihan bermain
3.   Kegiatan Akhir
-          Membariskan/mendudukkan siswa
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
1.      Alat : Bola basket, lapangan bola basket
2.      Buku sumber Neumman, Hannes (1985), Bola Basket Pendidikan Dasar dan Latihan, Jakarta.
3.      PT. Gramedia Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Untuk SMA Kelas X.

F.  Penilaian :
-          Tugas individu
-          Tes perbuatan
-          Latihan : 1. Lakukanlah melempar bola 3 kali
               2. Lakukanlah dribbling selama 30 detik




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Soft Ball )
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   4 (Minggu ke 2 Agustus)
Standart Kompetensi          :   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   -     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
                                                  -     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

Indikator                              :   -     Melakukan teknik melambungkan bola
-          Melakukan teknik melempar bola dengan benar
-          Melakukan teknik menangkap bola dengan benar
-          Melakukan teknik memukul bola dengan benar
-          Bermain Soft ball / base ball dengan peraturan dimodifikasi

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Agar siswa dapat melakukan teknik melempar dengan baik
  2. Agar siswa dapat melakukan teknik menangkap dengan baik
  3. Agar siswa dapat memukul bola dengan baik

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Permainan Softball
-          Teknik melempar
-          Teknik menangkap
-          Teknik memukul bola


C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan


D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Membariskan siswa
-          Menghitung siswa
-          10 menit latihan pemanasan
-          menjelaskan latihan inti




  1. Kegiatan Inti :
-          Melambungkan bola dengan menggunakan satu tangan ke sasaran yang ditempelkan.
-          Melambungkan bola menggunakan satu tangan ke pasangan
-          Setelah pemanasan siswa melakukan laithan memegang bola dilanjutkan melempar (atas, samping dan bawah) dan menangkap bola dari arah gulir tanah, melambung dan datar lurus.
-          Memukul bola yang dilambungkan sendiri dengan tongkat ke berbagai arah
-          Memukul bola yang dilambungkan teman dengan tongkat ke berbagai arah
-          Menerapkan teknik dasar dalam permainan dengan peraturan dimodifikasi

Tugas berstruktur :      a. Latihan teknik melempar bola
                                    b. Latihan teknik menangkap bola
                                    c. Latihan teknik memukul bola
  1. Kegiatan Akhir
-          Membariskan/mendudukkan siswa
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
  1. Buku sumber petunjuk Permainan Softball, FIK Unimed, 2006
  2. Lapangan softball, bola, pemukul, tiang penyangga bola, sarung tangan, stop watch, pluit dan pelontar bola


F.  Penilaian :
-          Tugas individu
-          Tes perbuatan
-          Latihan : 1. Lakukanlah teknik melempar bola
               2. Lakukanlah teknik menangkap bola
               3. Lakukanlah teknik memukul bola.




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Lari Jarak Pendek)
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   5  (Minggu ke 5 September)
Standart Kompetensi          :   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

Indikator                              :   -     Melakukan teknik memasuki garis finish
-          Melakukan teknik start jongkok dengan benar
-          Melakukan teknik berlari dengan benar

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Agar siswa dapat melakukan teknik dasar start jongkok dengan baik
  2. Agar siswa dapat melakukan teknik berlari dengan baik
  3. Agar siswa dapat melakukan teknik memasuki garis finish yang baik

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Lari Jarak Pendek
-          Teknik dasar start jongkok
-          Teknik berlari
-          Teknik memasuki garis finish

C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Murid-muri berganti pakaian
-          Membariskan murid-murid dilapangan dan menghitungnya
-          10 menit latihan pemanasan
2.   Kegiatan Inti :
-          Melakukan latihan start jongkok pendek (short start)
-          Melakukan latihan start jongkok menengah (medium start)
-          Melakukan latihan start jongkok panjang (long start)
-          Menerapkan aba-aba “bersedia, siap, ya” dalam melakukan latihan start
-          Berlari dengan langkah pendek dengan frekuensi lambat dan cepat
-          Berlari dengan langkah panjang dengan frekuensi lambat dan cepat
-          Berlari dengan memperhatikan ayunan lengan dan koordinasi langkah kaku
-          Berlari melewati garis finish tanpa merubah kecepatan dan posisi tubuh
-          Memasuki garis finish dengan membusungkan dada
-          Memasuki garis finish dengan menundukkan kepala ke depan.

Tugas berstruktur :      a. Latihan teknik start jongkok
                                    b. Latihan berlari jarak pendek
                                    c. Latihan teknik memasuki garis finish
3.   Kegiatan Akhir
-          Membariskan/mendudukkan siswa
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
  1. Buku sumber petunjuk Atletik FIK Unimed, 2006
  2. Stop watch, start block, pluit


F.  Penilaian :
-          Tugas individu
-          Tes perbuatan
-          Latihan : 1. Lakukanlah 3 macam start jongkok
               2. Lakukanlah lari jarak 100 m, 200 m dan 400 m




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Pencak Silat)
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   6 (Minggu ke 2 Oktober)
Standart Kompetensi          :   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   Mempraktekkan keterampilan salah satu cabang olahraga bela diri serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri

Indikator                              :   -     Melakukan sikap pasang dengan benar
-          Melakukan berbagai tehnik pukulan dengan baik dalam bela diri
-          Melakukan berbagai tehnik tendangan dalam bela diri

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Agar siswa dapat melakukan sikap pasang tertutup
  2. Agar siswa dapat melakukan sikap pasang terbuka
  3. Agar siswa dapat melakukan sikap pasang dengan kombinasi kuda-kuda dengan sejajar
  4. Agar siswa dapat melakukan kuda-kuda badan berputar
  5. Agar siswa dapat melakukan kuda-kuda serong depan
  6. Agar siswa dapat melakukan kuda-kuda tengah menghadap dilanjutkan latihan teknik pukulan dan tendangan.

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
-          Sikap pasang tertutup
-          Sikap pasang terbuka
-          Sikap pasang dengan kombinasi kuda-kuda depan sejajar
-          Kuda-kuda badan berputar
-          Kuda-kuda serong kedepan
-          Kuda-kuda tengah menghadap dilanjutkan latihan teknik pukulan dan tendangan

C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Murid-murid berganti pakaian
-          Membariskan murid-murid di lapangan dan menghitungnya
-          10 menit latihan pemanasan
2.   Kegiatan Inti :
-          Setelah melakukan pemanasan siswa melakukan latihan berbagai macam sikap pasang tertutup dan sikap pasang terbuka klasikal.
-          Secara klasikal melakukan latihan kuda-kuda dilanjutkan dengan latihan pukulan bayangan
-          Secara klasikal melakukan latihan kuda-kuda dilanjutkan dengan latihan pukulan dan tendangan menggunakan target

Tugas berstruktur :      a. Latihan sikap pasang, tertutup, terbuka
                                    b. Latihan sikap kuda-kuda badan berputar, serong dan tengah
                                    c. Latihan tehnik pukulan dan tendangan
  1. Kegiatan Akhir
-          Membariskan/mendudukkan siswa
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
  1. Buku sumber : Petunjuk Olahraga Pencak Silat “Kategori Tanding”.
FIK Unimed, 2006.
  1. Pluit, stop watch, target pukulan dan tendangan.

F.  Penilaian :
-          Tugas individu
-          Tes perbuatan
-          Latihan : 1. Lakukanlah cara sikap pasang tertutup
               2. Lakukanlah sikap kuda-kuda serong kedepan
               3. Lakukanlah tehnik pukulan yang benar
               4. Lakukanlah tehnik tendangan yang benar




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Kebugaran Jasmani)
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   7,8 (Minggu ke 3,4 Oktober)
Standart Kompetensi          :   2.   Mempraktekkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   2.1.Mempraktikkan latihan kekuatan kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana, serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri
                                                  2.2.Mempraktekkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri        

Indikator                              :   -     Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan untuk mengembangkan kebugaran jasmani
-          Melakukan berbagai bentuk latihan kelenturan untuk mengembangkan
-          Melakukan berbagai bentuk latihan keseimbangan untuk mengembangkan kebugaran jasmani
-          Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
-          Menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan, dan kecermatan dalam pengolahan data.
-           Membiasakan melakukan aktifitas jasmani secara rutin untuk memelihara kebugaran
-          menunjukkan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu                     :   4 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Agar siswa dapat melakukan latihan kekuatan dengan baik
  2. Agar siswa dapat melakukan latihan kelenturan dengan baik
  3. Agar siswa dapat melakukan latihan keseimbangan dengan baik
  4. Agar siswa dapat melakukan latihan tes kebugaran jasmani SMA dengan baik
  5. Agar siswa dapat melakukan latihan perawatan tubuh agar tetap bugar dengan baik

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Latihan Kebugaran Jasmani :
-          Latihan kekuatan
-          Latihan kelenturan
-          Latihan keseimbangan
-          Tes kebugaran jasmani SMA
-          Perawatan tubuh agar tetap bugar

C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Murid-murid berganti pakaian
-          Membariskan murid-murid di lapangan dan menghitungnya.
-          10 menit latihan pemanasan
2.   Kegiatan Inti :
-          Melakukan berbagai bentuk latihan dari push up, sit up, dan pull up
-          Melakukan secara bergantian dalam kelompoknya gerakan cium lutut dengan posisi duduk maupun berdiri, sikap kayang, mengangkat badan dalam posisi telungkup kedua tangan berada pada leher belakang dan berbagai macam latihan peregangan mulai dari leher sampai dengan pergelangan kaki.
-          Melakukan berbagai bentuk latihan keseimbangan secara bergantian dalam kelompoknya antara lain terdiri dari : sikap kapal terbang, sikap berdiri tegak, mata dipejamkan, kaki posisi jinjit dan kedua lengan dijulurkan ke depan pertahankan posisi tersebut dalam beberapa menit.
-          Secara berkelompok mengadakan tes pengukuran komponen kebugaran jasmani yaitu : aspek kecepatan, kekuatan otot perut, kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu. Dilakukan secara bergantian ada yang menjadi tester dan testi.
-          Lari 60 meter untuk mengukur kecepatan dengan membandingkan hasil waktu-waktu yang ada di tabel hasil waktu-waktu yang ada di tabel.
-          Gantung siku tekuk (wanita) untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu, yang di ukur berapa lama mempertahankan posisi tersebut.
-          Mencatat hasil pengukuran kebugaran pada lembar pengamatan.
-          Secara perorangan siswa diberikan tugas untuk membuat rencana aktifitas jasmani yang memungkinkan dilakukan secara mandiri di rumah.

Tugas berstruktur :      a. Latihan kekuatan
                                    b. Latihan kelenturan
                                    c. Latihan keseimbangan
                                    d. Tes kebugaran jasmani
3.  Kegiatan Akhir
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
  1. Buku sumber Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA, Agus Mukholid, Surakarta, Yudistira, 2004.
  2. Pluit, stop watch, dan matras senam
  3. Buku Sumber Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA, Agus Mukholid, Surakarta, Yudistira, 2004.

F.  Penilaian :
-          Tes perbuatan
-          Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI)
-          Latihan : 1. Lakukanlah push up selama 1 menit
               2. Lakukanlah sit up selama 1 menit 



Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
                                                  (Senam Lantai)
Kelas/Semester                     :   X/1
Pertemuan ke                      :   9 (Minggu ke 1 November)
Standart Kompetensi          :   3.   Mempraktekkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar               :   3.1.Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktifitas ritmik tanpa alat serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
                                                  3.2.Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktifitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.

Indikator                              :   -     Melakukan gerakan guling lenting
-          Melakukan gerakan kayang
-          Melakukan sikap lilin
-          Melakukan gerakan guling lenting
-          Melakukan sikap berdiri dengan kepala

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit


A.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Agar siswa dapat melakukan rangkaian gerak dasar ritual dengan baik
  2. Agar siswa dapat melakukan rangkaian gerak dasar melompat dengan baik
  3. Agar siswa dapat melakukan rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada senam ritual menggunakan pita atau tali dengan baik

B.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Gerak Ritmik
-          Rangkaian gerak dasar langkah
-          Rangkaian gerak dasar melompat
-          Rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada senam ritmik menggunakan pita atau tali

C.  Metode Pembelajaran :
a.   Ceramah, Praktikum, Tanya Jawab (Diskusi) dan Penugasan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.   Kegiatan Awal :
-          Murid-murid berganti pakaian
-          Membariskan murid-murid di lapangan dan menghitungnya
-          10 menit latihan pemanasan
2.  Kegiatan Inti :
-          Secara klasikal berlatih gerak dasar langkah ditempat, melangkah kanan ke kiri, maju mundur, melangkah silang depan pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan
-          Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
-          Secara klasikal berlatih gerak dasar melompat pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
-          Secara berkelompok memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian senam irama.
-          Secara klasikal bergerak dasar ayunan lengan pada aktifitas ritmik dengan menggunakan lengan pada aktifitas ritmik diawali cara memegang tali, ayunan dimulai dari bahu kemudian kepergelangan, kedua kaki lurus melompat ke atas, gerakan harus ringan, tanpa suara saat mendarat (mengeper). Lompatan jangan terlalu tinggi agar tidak mudah terganggu oleh tali atau pipa
-          Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar ayunan lengan untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama.

Tugas berstruktur :      a. Latihan berguling ke depan tanpa peti lompat
                                    b. Latihan berguling ke depan menggunakan bantuan peti                                            lompat
                                    c. Latihan kayang
                                    d. Latihan guling lenting
3.   Kegiatan Akhir
-          10 menit latihan penenangan

E.  Sumber Belajar / Alat / Bahan :
  1. Buku petunjuk senam kesegaran jasmani 2000, FIK Unimed, 2006
  2. Buku Paket Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid,untuk kelas X, Surakarta, Yudistira, 2000.

F.  Penilaian :
-          Tes perbuatan
-          Latihan : 1. Lakukanlah guling kedepan 5 kali tanpa berhenti
               2. Lakukanlah kayang (khusus putrid).




Diketahui Oleh :                                                                                  Medan,   Juli 2011
Kepala SMK TRITECH Medan                                                         Guru Bidang Studi
                                                                                                            Penjas Orkes



DRS.SUPRIANTO                                                                             SUYONO, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :   SMK Tritech Informatika Medan
Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan